Cara Mengetahui Perbedaan Rom MIUI Asli dan Palsu di Xiomi


Cara Mengetahui Perbedaan Rom MIUI Asli dan Palsu di Xiomi |ROM pada xiaomi yang beredar di pasaran indonesia terdiri dari beberapa versi, ada versi rom distributor (palsu atau disebut juga abal-abal karena sudah mengalami modifikasi oleh pihak distributor), ada rom versi global (asli), ada rom dengan versi official cina (asli) dan ada satu lagi rom dengan versi developer cina (semi).

Keberagaman versi rom tersebut dikarenakan tidak semua perangkat Xiomi yang datang ke indonesia menggunakan jalur resmi, dan juga dikarenakan diindonesia terdapat aturan TKDN (tingkat kandungan dalam negeri).

Peraturan tersebut menyatakan bahwa untuk semua produk ponsel yang didatangkan dari luar harus memiliki kandungan dalam negeri atau paling tidak harus bisa dirakit di indonesia, sehingga ini menyebabkan rom pada perangkat android banyak yang dimodifikasi gunaa memenuhi peraturan yang ada.

Cara Mengetahui Perbedaan Rom MIUI Asli dan Palsu di Xiomi
Versi ROM xiomi jelas sangat mempengaruhi kinerja  sistem operasi android itu sendiri, jika xiaomi memiliki rom distributor abal-abal atau palsu maka sudah dipastikan hp tersebut akan memiliki banyak kekurangan.

Jadi untuk anda yang ingin memutuskan membeli HP xiaomi syarat ini wajib anda perhatikan, jangan sampai anda mendapatkan hp xiaomi dengan ROM distributor abal-abal, karena anda akan banyak dirugikan.

Nah artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya ketika membeli smartphone xiomi yang ternyata ROM MIUI nya adalah Abal-abal atau palsu Bukan yang asli. Hal ini tentu membuat saya sedikit kecewa, karna ternyata yang saya angankan tak sesuai dengan kenyataan.

Tentang ROM Xiomi asli dan palsu ini ada beberapa bagian yang harus kita pahami, ROM Xiomi Palsu antara lain adalah Distributor, Abal-abal dan China. Sedangkan ROM Xiomi yang asli adalah Versi Global Stable dan Global Developer.
Berbicara tentang ROM MIUI Asli dan Palsu di Xiomi, Apakah anda faham apa itu Rom Distibutor ? Dan apa yang dimaksud dengan Rom Global Stable dan Global Developer ? Berikut Fakultas Android berikan penjelasannya.

> ROM Xiomi Distibutor (Abal-abal)

Rom Xiomi Distibutor atau abal adalah Rom miui xiomi yang sudah di modifikasi oleh pihak distributor agar dapat dipasarkan di negara negara yang dituju. Hal ini tentu menjadi sebuah kerugian besar bagi kita jika ponsel xiomi yang kita beli bukan nya menggunakan Rom Xiomi Asli malah palsu.
Lalu bagaimana cara kita mengetahui itu Rom Xiomi Asli dan Palsu ? Perhatikan ulasan berikut ini.

Ciri-ciri Rom Abal-abal Xiomi

  • Pertama anda buka pengaturan > About Phone > perhatikan “MIUI Version”
  • Jika terdapat tulisan “Global” dan memiliki kode “CN“, Berarti itu adalah ROM Abal-abal.
  • ROM Distributor biasanya menggunakan 5 Digit Angka / lebih. Kecuali ROM Developer.
Cara Mengetahui Perbedaan Rom MIUI Asli dan Palsu di Xiomi

Nah itu dia ciri ciri yang paling menonjol di ROM Xiomi Distributor Abal-abal. Danningat Rom Abal-abal ini tifak akan mendapatkan Update terbaru dari xiomi.

> ROM Xiomi Global Asli

ROM Xiomi Global adalah Rom Xiomi yang memang ditujukan pada Global/International, biasanya ROM Global ini mempunyai kode "i" pada kode Rom. ROM Global ini sudah disertai dengan banyak bahasa, termasuk bahasa Indonesia.
ROM Global terbagi menjadi 2, yaitu ROM Global Stabil dan ROM Global Developer.
ROM Global Stabil adalah ROM yang Stabil, dan minim BUG. Namun Update nya agaklama.

Beda dengan Global Stabil, ROM Global Developer adalah ROM yang fitur nya masih Beta / uji coba, Dan diupdate secara mingguan Tepatnya hari Jumat.

Ciri-ciri Rom Global Asli Xiomi

  • Mempunyai kode Rom "i"
  • Terdapat tulisan "Global"
  • Maximal Memiliki 4 titik pemisah pada kode Rom dengan maximal 4 angka
  • Contoh (8.0.3.0)
Cara Mengetahui Perbedaan Rom MIUI Asli dan Palsu di Xiomi

Nah bagaimana ? Sudah faham ? Versi manakah yang sekarang sedang anda pegang ? Aslikah ? Atau Abal-abal ? Tulis jawaban anda ke komentar dibawah ini.

Cara Mengetahui Perbedaan Rom MIUI Asli dan Palsu di Xiomi