Perbedaan Antara Kartun Dan Anime


Apa sih perbedaan antara kartun dan anime ? kelihatanya sama saja buatan dari tangan manusia. Memang secara tidak sadar anime dan kartun itu terlihat sama, namun sebenarnya darikeduanya memiliki perbedaan tersendiri

Postingan perdana dengan label Anime di blog ini, akan membahas tentang perbedaan antara Kartun dan Anime, banyak yang berangapan kartun dan anime itu sama dan ada juga yang beangapan berbeda, mana sih yang benar

8 Perbedaan antara kartun dan anime


1. Anime adalah sebuah film animasi yang diangkat dari novel atau komik, kalo kartun, ada beberapa yang diangkat dari komik, tapi biasanya ceritanya seri. Selebihnya kartun dibuat berdasarkan khayalan si pembuat.

2. Dari segi cerita, Anime lebih rumit dan lebih sulit dibayangkan kejadian selanjutnya, karena kemungkinan si tokoh utama berhasil hanya 50:50, bandingin dengan kartun, Ada orang baik melawan orang jahat, orang jahatnya kalah, orang baiknya menang, seluruh tokoh bersuka ria. Begitulah. Terlalu monoton.

3. Cara penggambaran anime beda sama cara penggambaran atau style gambar kartun, gw susah ngejelasin apa yang beda, untuk contoh kita liat gambar ini aja. Ini tokoh kartun (Bukan anime yaaa..) Adventure Time yang diubah ke anime mode. Beda banget. Finn-nya ganteng...

4. Tokoh utama sebuah anime adalah manusia (Paling nggak bentuknya manusia), kalau kartun terkadang manusia, hewan, tumbuhan, atau benda mati.

5. Anime selalu digambar manual, sedangkan kartun kadang digambar manual, kadang pake komputer. Biasanya background di film anime lebih real dibandingkan background di film kartun. Dalam tekhnik pewarnaan dan detail, anime lebih unggul.

6. Disadari atau tidak, kartun sebenarnya lebih sadis dibandingkan anime. Tapi itu dari segi aksinya, bukan dari segi gambarnya. Misalnya gini-biar nggak bingung-, kartun Tom and Jerry memuat banyak aksi sadisme, kayak muka dipukul teflon, ketimpa piano, lehernya kecekik pinggiran meja, atau selangkangan Tom yang ngebelah pohon, tapi sedikit banget gambar kekerasan kayak darah atau semacamnya.

7. Daya ketidakrealistisan dalam film kartun lebih tinggi daripada anime, tapi daya kretivitas anime lebih tinggi daripada kartun. Kartun berasal dari Amerika atau Eropa, sedangkan anime dari Jepang.

8. Alur cerita Anime lebih rumit dibandingkan alur cerita Kartun.
Ya, kartun biasanya menceritakan tentang orang baik yang melawan orang jahat. Anime juga demikian, namun dalam anime prosesnya berjalan secara lebih rumit.

Kartun Dan Anime

Dalam kartun, penonton dapat melihat secara jelas pola plot baik vs jahat. Sedangkan dalam anime, walaupun memiliki kesamaan plot, namun terkadang penonton sulit untuk memprediksi jalan ceritanya. Sehingga tak jarang pula penonton memihak kepada pihak yang berperan sebagai 'jahat'. dan saya juga biasanya lebih suka memihak pada yang jahat.

Baca disini :
Tik tok batal dihapus oleh Kominfo

Kartun biasanya hanya sebagai hiburan belaka, sedangkan anime selain sebagai hiburan juga dapat memaksa kita berpikir "mengapa hal itu terjadi?". Bahkan banyak pula para penggemar anime tertentu yang mencari-cari informasi dari berbagai sumber mengenai suatu kejadian yang terjadi dalam anime itu yang bahkan belum pernah diungkap dalam alur cerita yang sesungguhnya.

Dalam hal ini kita ambil contoh yang umum saja, bagi anda yang pernah mengikuti alur cerita Naruto pasti mengetahui tentang peristiwa pembantaian klan Uchiha bukan? Banyak orang-orang yang mencari informasi tentang ini bahkan berusaha menarik kesimpulan sendiri tentang latar  belakang seorang Madara Uchiha yang katanya merupakan dalang dibalik pembantaian tersebut.

Perbedaan Antara Kartun Dan Anime